On The News

Memanfaatkan Internet & Social Media sebagai Sarana Promosi

Pertumbuhan internet di Indonesia termasuk yang cukup pesat di dunia dengan akses yang semakin mudah tidak hanya menggunakan PC tetapi juga bisa menggunakan telephone genggam yang semakin pintar. Sehingga kini internet dan social media merupa­kan sarana promosi yang semaikin marak digunakan oleh para pelaku bisnis di industry property baik pengembang, pemilik proper­ty perorangan, maupun property agent.
Aktivitas apa saja yang bisa dilakukan dengan memanfaatkan internet? Misalnya membuat blog dan website, memanfaatkan sosial media seperti facebook, instagram, twitter untuk networking dan update informasi property, memanfaatkan prortal property dan situs jual beli online lainnya untuk mengiklankan property dan meningkatkan brand/profile dan lain- lain.

Membuat blog dan website
Blog dan website dapat digunakan sebagai sarana promosi, membangun database dan mengembangkan network. Ada banyak template gratis untuk membuat website dan blog bagi pemula misalnya blogspot atau wordpress. Atau dapat  pula menggunakan provider website dengan biaya hosting yang terjangkau.

Memberdayakan social media
Sosial media adalah tempat orang-orang berbagi informasi. Dan inlormasi adalah hal krusial bagi  pelaku  bisnis, siapa  yang mendapat informasi terbanyak dan tercepat, akan cepat pula mendapat keuntungan.
Ada baiknya memberikan informasi yang beragam di social media, tidak melulu 'hard-sell' karena akan membuat teman-teman atau followers kita segan mengunjungi facebook atau mengikuti 'kicauan' kita di twitter. Kombinasikan dengan tips-tips atau berita-berita terkini terkait dengan dunia property, aktivitas maupun event-event yang kita lakukan, dan lain-lain.
Yang perlu dingat aktivitas kita di social media disadari atau tidak mempengaruhi persepsi orang yang akan berdampak pada branding dan reputasi yang kita bangun sebagai property agent. Selektif dalam mengupload status maupun komentar, photo-photo, link, dll di social media adalah wajib hukumnya.

Memanfaatkan portal property dan situs jual beli online
Portal -portal property berkembang sangat  pesat, mereka tidak hanya memberikan peluang kepada membernya untuk  mengiklankan property melalui situs mereka tetapi masing-masing  juga gencar melakukan promosi offline seperti mengadakan pameran dan event-event untuk member juga email news blast sehingga secara tidak langsung memperbesar peluang bagi peluang yang diklankan dengan banyaknya pengunjung yang masuk kesitus mereka.
Beberapa portal menawarkan layanan gratis, beberapa yang lainnya menawarkan paket berlangganan yang sangat ekonomis  jika dibandingkan dengan beriklan di media cetak. Anda bebas mengunggah foto property Anda kemudian menyebutkan spesilkasinya dengan jelas, lengkap dengan nomor kontak. Nantinya, calon pembeli yang berminat akan menghubungi Anda secara langsung.

Penulis : Bussiness Development Associate

 
Written by: BUSDEV Date: Kamis, 28 Januari 2016 10:42 WIB